UPDATE KONTEN FRESH MEMPENGARUHI OPTIMASI WEBSITE ANDA
Monday, 21 August 2017
Add Comment
Perlu anda ketahui bahwa Google selalu berusaha menunjukkan informasi yang paling update kepada penggunanya. Makara anda perlu mempertimbangkan untuk melaksanakan update konten yang tepat; biar Google menyukai website anda.
Update konten itu tidak selalu berupa pembuatan konten baru. Terkadang mengedit konten lama juga mampu menjadi update konten fresh yang lebih baik. Tapi anda perlu memperhatikan dengan baik apakah website anda memang lebih sempurna dioptimasi SEO sebagai fresh content atau evergreen content.
Makara artikel ini dibuat untuk sharing kepada teman-teman, perihal bagaimana cara google melihat kesejukan atau fresh dari konten anda.... Ada beberapa hal di artikel ini yang tidak diketahui bahkan oleh mereka yang sudah lama mengenal SEO apalagi untuk teman-teman yang gres belajar SEO.
KRITERIA UPDATE FRESH CONTENT GOOGLE
Dengan Melihat Tanggal
Jikalau anda melaksanakan pencarian di Google anda akan sering melihat bahwa ada artikel yang memakai tanggal dan ada yang tidak. Artikel yang memakai tanggal ini digunakan untuk menerima keuntungan dari algoritma cafeine di dalam algoritma Google. Tanggal ini akan menunjukkan efek fresh pada awalnya tetapi semakin lama efeknya ialah konten anda dianggap "basi".
Biasanya website informasi yang memakai tanggal biar artikel terbaru mereka mampu menerima boost dari Google untuk informasi terbaru mereka. Tapi ada juga konten yang mana Google lebih menyukai konten-konten yang cukup berumur. Makara kenali tipe dari konten anda
Dengan Melihat Perubahan Isi Konten
Walaupun halaman web anda sudah lama; namun Google mampu melihat bahwa ada perubahan pada isi konten kalau anda melaksanakan pengeditan. Untuk halaman renta yang anda edit, Google akan menunjukkan poin fresh yang baru. Namun seberapa besar poin itu akan sangat tergantung pada besarnya jumlah kalimat yang anda edit.
Jika anda hanya mengedit satu atau dua paragraf, maka konten tidak akan menerima poin pelengkap yang besar. Tetapi kalau anda mengedit dalam porsi yang cukup besar, maka itu akan menerima poin fresh yang cukup besar.
Elemen Yang Berubah
Google mengenali elemen yang berubah dari suatu halaman web. Jika yang berubah ialah elemen yang sangat penting, maka itu akan membawa perubahan poin yang cukup besar. Tapi kalau yang berubah ialah elemen yang kurang penting, maka nyaris tidak ada pengaruhnya.
Makara kalau perubahan terjadi pada title atau body text (isi artikel) maka itu akan dihitung oleh Google sebagai update konten yang sangat berpengaruh. Namun kalau perubahan hanya terjadi pada javascript, atau navigasi, atau komentar, maka itu tidak akan kuat banyak (kecuali komentar ini perubahannya dalam skala sangat besar)
Seberapa Sering Suatu Halaman Diedit
Google membedakan penilaian untuk suatu halaman yang sering diedit dengan suatu halaman yang jarang diedit atau berubah komposisinya. Biasanya halaman yang paling sering berubah ialah homepage dari sebuah website berita. Google memperlakukan dengan berbeda halaman-halaman ibarat ini.
Tingkat perayapan pada halaman ibarat ini akan sangat tinggi sehingga setiap kali ada perubahan akan cepat terindeks di Google. Namun google membedakan antara episode konten yang tetap dan episode konten yang relatif sering berubah.
Link-link pada episode yang sering berubah akan dianggap kurang signifikan dibandingkan link-link yang selalu ada atau permanen pada halaman tersebut.
Pembuatan Halaman-Halaman Baru
Kasus-kasus ini terjadi pada blog di mana Google menunjukkan poin fresh pada blog atau website dengan halaman-halaman gres yang sangat sering bertambah. Beberapa orang mengatakan bahwa menambah 20% hingga 30% halaman gres setiap tahunnya akan baik untuk website ada.
Tapi menurut saya itu tergantung tipe dari website anda; kalau website anda ialah website berita, maka mungkin tepat; tapi kalau website anda bukan website berita, maka sebaiknya anda fokus membuat konten yang sangat berkualitas dan lengkap yang mampu anda update isinya secara berkala.
Bertambahnya Backlink
Google juga mampu mencicipi masa-masa di mana website anda tidak menerima pertambahan backlink dan masa-masa di mana terjadi pertambahan backlink. Masa-masa di mana terjadi pertambahan backlink sering diasosiasikan google sebagai masa di mana website anda sedang sesuai dengan demam isu yang terjadi di masyarakat. Makara pada masa tersebut Google menunjukkan poin fresh pelengkap kepada website anda.
Apakah itu berarti kalau website anda sudah tidak menambah backlink lagi maka ranking akan jatuh? Tidak juga. Kalau ternyata pertambahan poinnya sangat besar, dan kehilangan poin fresh tidak membuat satupun pesaing website anda mampu menyaingi poin web anda, maka tetap saja rankingnya tidak akan bergeser.
Mendapatkan Link dari Website Yang Masih Baru
Jika website anda sudah cukup berumur, namun ternyata masih ada website gres yang menunjukkan acuan kepada website anda maka acuan ini akan menambah poin kesejukan untuk website anda yang sudah berumur tadi.
Google menganggap komunitas internet masih menyebabkan website anda sebagai acuan pada topik tersebut, sehingga menunjukkan anda keuntungan untuk mampu ranking lebih baik di hasil pencarian.
Lama Waktu Kunjungan
Website yang sudah tidak relevan lagi atau sudah bau biasanya akan ditinggalkan oleh pengunjungnya dengan sangat cepat. Makara kalau sebuah halaman web anda mempunyai waktu time on site yang sangat rendah, maka Google menganggap website anda sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan dan menjadi kurang relevan.
Sebaliknya kalau pengunjung anda menghasbiskan waktu yang cukup lama, maka itu akan menjadi indikator bahwa website anda masih cukup fresh dan relevan dengan kondisi dikala ini.
Mengganti Anchor Text Akan Menghilangkan Poin
Dalam melaksanakan SEO ada aneka macam orang yang berusaha membeli domain lama hanya alasannya domain lama itu sudah mempunyai backlink. Walaupun backlink tersebut sebetulnya tidak ada kaitannya dengan kata kunci yang ditargetkan.
Anggap saja anda membeli nama domain yang sebelumnya membahas duduk perkara sepeda dan teks jangkar dari backlinknya penuh dengan sepeda. Tetapi anda menggunakan nama domain itu untuk membuat website untuk urusan ekonomi tas online anda. Yang pertama terjadi dari meningkatkan secara optimal SEO ibarat ini ialah Google akan menghilangkan poin relevansi dari kata kunci backlink lama.
Akibatnya website anda tidak akan mempunyai cukup poin untuk bersaing. Anda mungkin mempertimbangkan untuk menambah backlink dengan kata kunci yang lebih relevan dengan konten gres anda; dan ini akan membuat Google mengabaikan sepenuhnya semua backlink yang lama. Makara pada dasarnya tidak ada gunanya membeli nama domain yang sudah ada backlinknya.
Konten Lama Kadang Lebih Baik
Selain berita, maka ada juga website untuk "how to" atau informasi penjelasan perihal suatu hal ibarat yang ada di wikipedia. Untuk kueri pencarian yang ibarat ini seringkali Google lebih memilih untuk menampilkan konten-konten yang sudah lama namun tetap menunjukkan sinyal time on site yang baik.
Makara yang terbaik ialah berusaha membuat konten yang memang berkualitas dan mampu mempertahankan pengunjung anda; alasannya sinyal ibarat ini juga mampu membantu anda memperbaiki peringkat dari website anda.
Kesimpulan
Anda harus melaksanakan update dengan tujuan untuk menunjukkan informasi yang terkini kepada pengunjung dan bukan sekedar untuk menambah-nambah jumlah halaman website anda saja. Setiap update konten yang anda lakukan akan mensugesti fresh point tapi sebaiknya anda tetap memperhatikan kualitas dari update anda.
Beberapa masukan untuk anda:
- Cobalah untuk menulis konten gres secara teratur/berjangka waktu tertentu.
- Saat melaksanakan update selalu fokus pada inti informasi yang hendak disampaikan
- Google kemungkinan akan mengabaikan perubahan yang kecil; jadi kalau anda mengubah suatu teks jangkar pada link, maka ada baiknya anda mengubah beberapa paragraf yang berada di sekitar link tersebut.
- Pertambahan link yang stabil cenderung lebih disukai
- Berusahalah untuk membuat pengunjung bertahan lebih lama di artikel atau halaman-halaman web anda.
- Jangan mengubah topik bahasan di dalam suatu halaman; atau link yang lama akan kehilangan poinnya.
Tidak Ada Komentar